Wednesday, February 25, 2004

MTV, Gue Banget!

MTV Gue Banget!!! Sebuah kalimat yang sering kali ditayangkan di stasiun televisi MTV Indonesia. Kalimat yang diucapkan oleh para penyanyi pop yang sedang beken seperti seperti Kris Dayanti, Reza, Titi Dj, Glen Fredly, Marcel, Rio Febrian ataupun grup bandnya seperti Padi, Cokelat, Gigi, Sheila on Seven, Dewa dan segenap penyanyi populer yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Hal yang sama dilakukan oleh para penyanyi atau grup band kelas dunia seperti Westlife, Red Hot Chili Peppers, Blue, atau Britney Spears yang hanya saja mengalami kesulitan mengucapkannya sehingga menjadi kalimat “MTV Gue Bangget!” Hal ini menambah keunikan tersendiri bagi slogan MTV.

Sebenarnya kata banget adalah kata yang biasa digunakan anak muda yang artinya sangat ataupun amat. Dan gara-gara slogan yang kerap kali diluncurkan MTV, kemudian kata ‘banget’ menjadi kata yang paling populer di kalangan anak muda saat ini di seluruh Indonesia saat ini. Pemilihan kata yang unik dengan kata-kata yang sangat mudah diucapkan dan mudah pula untuk diingat, menjadikannya slogan ini cepat sekali populer. MTV telah berhasil menciptakan sebuah slogan yang diterima secara mudah oleh target marketnya.

Dengan slogan ini MTV berusaha untuk mempersonifikasikan dirinya dengan target market yaitu generasi muda dengan jangkauan usia 15-30 tahun. Dengan slogan ini pula kelihatannya MTV mempunyai tujuan sebagai berikut; pertama, MTV ingin menunjukkan sebagai stasiun televisi yang mengkhususkan seluruh acaranya untuk musik. Kedua, MTV berupaya untuk menjadi cerminan jiwa muda dan mewakili generasi muda dengan menggunakan raw model-nya pada slogan ini yaitu para musikus muda masa kini. Ketiga, MTV berharap menjadi saluran TV pilihan utama dari target marketnya.

Slogan “MTV Gue banget” dalam istilah marketing biasa disebut tag line. Tag line MTV ini sama dengan tag line dari produk-produk kelas dunia seperti “just do it” untuk Nike, “connecting people” untuk Nokia dan Coca Cola dengan “dimana saja kapan saja”. Beberapa perusahaan nasional berusaha pula untuk membuat slogan seperti RCTI OK, Telkom dengan “Commited 2 U”, Indosiar “memang untuk anda”, atau Stasiun radio Prambors dengan “tempat mangkal kawula muda”.

Tag line adalah salah satu strategi dalam rangka implementasi konsep Segmentation, Targeting and Positioning (STP). Tag line yang berhasil adalah yang mampu membantu konsumen mengingat sebuah produk atau jasa dengan cepat. Dengan kata lain bahwa tag line ini digunakan untuk memudahkan untuk melakukan positioning. Positioning adalah satu proses yang dilakukan oleh produsen guna menancapkan sebuah produk atau jasanya di dalam benak konsumen. Dan ketika kita bicara tentang apa yang ada di benak atau pikiran konsumen maka hal ini berhubungan erat dengan dengan top of mind.

MTV Gue Banget! adalah contoh sukses dari Tag line yang diluncurkan oleh MTV. Dan hal ini dapat menjadi contoh yang baik bagi Bank Mandiri di dalam melancarkan program iklannya di televisi khususnya untuk mencapai target sebagai top of mind. Bank Mandiri sebenarnya telah memiliki tag line yaitu “bank yang kokoh dan terpercaya pilihan anda”. Namun ketika dilapalkan maka kalimat tersebut terlalu panjang sehingga mudah dilupakan dan kalimat tersebut juga bersifat terlalu umum, hampir semua bank menggunakan kalimat yang hampir mirip tag line tersebut. Sehubungan hal tersebut, selayaknya kita merumuskan kembali tag line yang bersifat marketable.

Dan seperti kita ketahui bahwa Bank Mandiri adalah universal bank, maka kita dapat simpulkan bahwa Bank Mandiri melayani semua segmen baik itu di ritel, komersial maupun korporasi. Tentunya semua segmen ini perlu diperhitungkan di dalam perumusan tag line yang baru. Harus diakui, terlalu luas segmen yang dilayani memang agak sulit untuk menentukan sebuah tag line yang bisa di terima secara umum. Sehingga di dalam perumusannya dibutuhkan satu riset yang mendalam dan waktu yang lama.

Namun demikian, berangkat dari sebuah asumsi bahwa konsumen secara umum membutuhkan layanan perbankan yang terpercaya, profesional dan aman, maka bisa diambil dari kata-kata tag line lama yaitu “bank yang kokoh”. Kata “kokoh” cukup mencerminkan keinginan konsumen atas kebutuhan perbankannya dan kata kokoh cukup pula menggambarkan kondisi internal Bank Mandiri saat ini. Hanya saja kata kokoh agak sulit dilapalkan. Sinonim dari kata kokoh ini adalah solid dan kata solid mudah pula untuk diucapkan. Oleh karena itu dapat kiranya dipertimbangkan sebuah tag line baru dengan kalimat, “Bank Mandiri, Solid!!!”

Untuk mencapai target sebagai top of mind, salah satu taktiknya adalah dibantu dengan tag line. Sebuah tag line yang diterima secara mudah oleh target marketnya. Dan bahkan tag line tersebut bisa menjadi sebuah kata yang populer di masyarakat seperti yang telah dilakukan MTV dengan “gue banget”-nya. Keberhasilam Tag line sangat ditentukan oleh publikasi yang kuat, dalam hal ini dibutuhkan satu program iklan baik di media elektronik maupun media cetak. Diharapkan satu hari ketika seorang ibu ditanya apa yang “Solid” maka dia akan spontan menjerit “Bank Mandiri!!!”

Penulis:
Dede Parasade
CSO Jakarta Plaza Mandiri